Puasa 1-9 Dzulhijjah: Jadwal, Niat, dan Keutamaannya (2024)

Jakarta -

Puasa 1-9 Dzulhijjah adalah puasa sunnah yang dapat diamalkan oleh setiap muslim yang tidak memiliki uzur pada bulan Dzulhijjah. Terdapat beberapa puasa sunnah yang dapat dilakukan pada 9 hari di awal bulan Dzulhijjah tersebut, berikut penjelasan selengkapnya.

Disunnahkan bagi setiap muslim untuk menjalankan puasa selama sembilan hari pertama atau tanggal 1-9 Dzulhijjah. Puasa termasuk amalan yang baik yang disarankan dilakukan pada bulan ini.

Landasan amalan sunnah ini didasarkan dari salah satu riwayat hadits yang dikisahkan oleh Hafshah bin Umar bin Khattab RA. Puasa di bulan Dzulhijjah bahkan disebut sebagai amalan yang tidak pernah ditinggalkan Rasulullah SAW,

ADVERTIsem*nT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

عَنْ حَفْصَةَ قَالَتْ أَرْبَعٌ لَمْ يَكُنْ يَدَعُهُنَّ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صِيَامَ عَاشُورَاءَ وَالْعَشْرَ وَثَلاَثَةَ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ وَرَكْعَتَيْنِ قَبْلَ الْغَدَاةِ

Artinya: Dari Hafshah RA, ia berkata, "Ada empat hal yang tidak pernah ditinggalkan Rasulullah SAW yaitu, puasa Asyura, puasa sepuluh hari di bulan Dzulhijjah, puasa tiga hari setiap bulan, dan dua rakaat sebelum Subuh." (HR Ahmad dan An Nasa'i)

ADVERTIsem*nT

Abduh Zulfidar Akaha dalam buku 165 Kebiasaan Nabi SAW berpendapat, puasa sepuluh hari bulan Dzulhijjah yang dimaksud adalah puasa sunnah selama sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah. Termasuk mencakup puasa Arafah pada 9 Dzulhijjah, tetapi di luar hari Idul Adha pada 10 Dzulhijjah.

Dalam riwayat lain, Hunaidah bin Kholid meriwayatkan dari istrinya yang mendapat cerita serupa dari beberapa istri Rasulullah SAW, menyampaikan, "Rasulullah SAW biasa berpuasa selama sembilan hari di awal bulan Dzulhijjah, pada hari Asyura (10 Muharram), dan tiga hari setiap bulan." (HR Abu Dawud)

Dijelaskan melalui buku Kalender Ibadah Sepanjang Tahun karya Ust. Abdullah Faqih Ahmad Abdul Wahid, dijelaskan bahwa beberapa sahabat, termasuk Ibnu Umar, juga berpuasa selama sembilan hari di awal Dzulhijjah. Ulama seperti Hasan Bashri, Ibnu Sirin, dan Qatadah juga menekankan keutamaan puasa pada hari-hari tersebut. Ini adalah pendapat mayoritas ulama.

Baca juga: Hari Tasyrik: Waktu, Keutamaan, dan Amalannya

Baca juga: Hasil Sidang Isbat Diumumkan, Idul Adha 29 Juni 2023!

Jadwal Puasa 1-9 Dzulhijjah

Puasa 1-9 Dzulhijjah terdiri dari puasa Dzulhijjah, puasa Tarwiyah, dan puasa Arafah. Puasa Dzulhijjah dapat dikerjakan pada 1-7 Dzulhijjah, kemudian dilanjutkan dengan puasa Tarwiyah pada 8 Dzulhijjah hingga puasa Arafah pada 9 Dzulhijjah.

Berdasarkan ketetapan sidang isbat melalui Kementerian Agama (Kemenag), Idul Adha 2023 jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023. Hal ini diumumkan dalam konferensi pers hasil sidang isbat awal Zulhijah 1444 H, Minggu (18/6/2023) petang. Berikut jadwal selengkapnya:

  • Puasa Dzulhijjah 1444 H jatuh pada 20-26 Juni 2023
  • Puasa Tarwiyah 1444 H jatuh pada 27 Juni 2023
  • Puasa Arafah 1444 H jatuh pada 28 Juni 2023

sem*ntara itu, PP Muhammadiyah telah menetapkan awal bulan Dzulhijjah 1444 H/2023 M. Berdasarkan Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 1/MLM/1.0E/2023 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijjah 1444 H, Idul Adha 2023 jatuh pada Rabu, 28 Juni 2023.

Dengan demikian, jadwal pelaksanaan puasa di awal bulan Dzulhijjah 2023 menurut penetapan PP Muhammadiyah adalah sebagai berikut:

  • Puasa Dzulhijjah jatuh pada 19-25 Juni 2023
  • Puasa Tarwiyah jatuh pada 26 Juni 2023
  • Puasa Arafah jatuh pada 27 Juni 2023

Niat Puasa 1-9 Dzulhijjah

Niat merupakan salah satu syarat sah dalam melaksanakan ibadah, termasuk dalam puasa Dzulhijjah. Berikut ini adalah niat puasa Dzulhijjah dapat diucapkan pada malam hari, mulai dari matahari terbenam hingga fajar yang dikutip dari NU Online.

Berikut adalah lafal niat puasa 1-9 Dzulhijjah pada malam hari:

1. Niat Puasa 1-7 Dzulhijjah

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِيْ الْحِجَّةِ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى

Arab Latin: "Nawaitu shauma syahri dzil hijjah sunnatan lillâhi ta'âlâ."

Artinya: "Saya niat puasa sunnah bulan Dzulhijjah karena Allah ta'âlâ."

2. Niat Puasa 8 Dzulhijjah (Hari Tarwiyah)

نَوَيْتُ صَوْمَ تَرْوِيَةَ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى

Arab Latin: "Nawaitu shauma tarwiyata sunnatan lillâhi ta'âlâ."

Artinya: "Saya niat puasa sunnah Tarwiyah karena Allah ta'âlâ."

3. Niat Puasa 9 Dzulhijjah (Hari Arafah)

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى

Arab Latin: "Nawaitu shauma arafata sunnatan lillâhi ta'âlâ."

Artinya: "Saya niat puasa sunnah Arafah karena Allah ta'âlâ."

Jika terlupa membaca niat pada malam hari, puasa Dzulhijjah masih dapat dilakukan dengan membaca niat pada siang hari. Waktu untuk membaca niat siang hari dimulai dari pagi hingga sebelum tergelincirnya matahari (Dzuhur), selama belum melakukan hal-hal yang membatalkan puasa.

Berikut adalah lafal niat puasa Dzulhijjah pada siang hari:

1. Niat Puasa 1-7 Dzulhijjah

نَوَيْتُ صَوْمَ هٰذَا اليَوْمِ عَنْ أَدَاءِ شَهْرِ ذِيْ الْحِجَّةِ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى

Arab Latin: "Nawaitu shauma hâdzal yaumi 'an adâ'i syahri dzil hijjah sunnatan lillâhi ta'âlâ."

Artinya: "Saya niat puasa sunnah bulan Dzulhijjah hari ini karena Allah ta'âlâ."

2. Niat Puasa 8 Dzulhijjah (Hari Tarwiyah)

نَوَيْتُ صَوْمَ هٰذَا اليَوْمِ عَنْ أَدَاءِ تَرْوِيَةَ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى

Arab Latin: "Nawaitu shauma hâdzal yaumi 'an adâ'i tarwiyata sunnatan lillâhi ta'âlâ."

Artinya: "Saya niat puasa sunnah Tarwiyah hari ini karena Allah ta'âlâ."

Baca juga: Kapan Perayaan Idul Adha 2023 di Negara Lain? Ini Daftarnya

3. Niat Puasa 9 Dzulhijjah (Hari Arafah)

نَوَيْتُ صَوْمَ هٰذَا اليَوْمِ عَنْ أَدَاءِعَرَفَةَ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى

Arab Latin: "Nawaitu shauma hâdzal yaumi 'an adâ'i arafata sunnatan lillâhi ta'âlâ."

Artinya: "Saya niat puasa sunnah Arafah hari ini karena Allah ta'âlâ."

Mengutip Kitab Ihya Ulumuddin karya Imam Al Ghazali, sepuluh hari awal bulan Dzulhijjah adalah hari amal sholeh yang sangat dicintai Allah SWT. Hal ini sesuai dengan hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah RA yang berbunyi sebagai berikut.

"Tidak ada hari yang amal sholeh, lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari yang sepuluh ini (10 hari pertama bulan Dzulhijjah).' Sesungguhnya berpuasa satu hari di dalamnya membandingi berpuasa satu tahun. Melakukan Sholat malam di dalamnya membandingi sholat malam pada malam Lailatul Qadar. Salah seorang sahabat bertanya 'Apakah lebih baik daripada jihad fii sabiilillaah?' Beliau bersabda, 'Iya. Lebih baik daripada jihad fii sabiilillaah, kecuali seseorang yang keluar berjihad dengan harta dan jiwa raganya kemudian dia tidak pernah kembali lagi (mati syahid)'." (HR At Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Selain itu, saat menjalankan puasa selama bulan Dzulhijjah, tanggal 9 Dzulhijjah memiliki keistimewaan karena disebut sebagai Hari Arafah. Pada hari ini, umat Islam dari seluruh dunia berkumpul di Padang Arafah dalam rangka menjalankan ibadah haji.

Puasa Arafah dianjurkan bagi mereka yang tidak menjalankan ibadah haji. Keutamaan berpuasa Arafah dijelaskan oleh Rasulullah SAW dalam hadits sebagai berikut, "Puasa Arafah dapat menghapus dosa selama dua tahun: satu tahun sebelumnya dan satu tahun sesudahnya." (HR Al-Baihaqi)

Demikian sekilas pembahasan mengenai puasa 1-9 Dzulhijjah. Jangan lupa catat jadwalnya, ya!

Komisi VIII Harap Tak Ada Perbedaan Penetapan Idul Adha di Masa Depan

Komisi VIII Harap Tak Ada Perbedaan Penetapan Idul Adha di Masa Depan


(rah/rah)

puasa dzulhijjahpuasa 1-9 dzulhijjahidul adhadzulhijjahpuasa arafahkemenagsidang isbatpuasa tarwiyahhikmah

Puasa 1-9 Dzulhijjah: Jadwal, Niat, dan Keutamaannya (2024)
Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Chrissy Homenick

Last Updated:

Views: 6784

Rating: 4.3 / 5 (74 voted)

Reviews: 81% of readers found this page helpful

Author information

Name: Chrissy Homenick

Birthday: 2001-10-22

Address: 611 Kuhn Oval, Feltonbury, NY 02783-3818

Phone: +96619177651654

Job: Mining Representative

Hobby: amateur radio, Sculling, Knife making, Gardening, Watching movies, Gunsmithing, Video gaming

Introduction: My name is Chrissy Homenick, I am a tender, funny, determined, tender, glorious, fancy, enthusiastic person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.